Minggu, 18 Desember 2011

glosarium porter


NO
ISTILAH
KETERANGAN
1
Arrival
Kedatangan Tamu
2
Air Port Dispatcher
Fasilitas layanan penjemputan tamu di bandara.
3
Baggage Claim Check
Kartu yang dikeluarkan oleh seksi Uniformed service untuk tamu yang menitipkan barangnya di lugage room, berfungsi sebagai kartu bukti pengambilan barang
4
Baggage/Luggage Tag
Kartu untuk menandai barang-barang yang dibawa oleh tamu pada waktu melakukan check-in, check-out, dan room change agar tidak tertukar dengan barang-barang milik tamu lain
5
Beach Bag
Tas pantai milik wisatawan yang dipergunakan untuk membawa barang-barang keperluan rekreasi dan mandi di pantai
6
Beach Chair
Kusi lipat yang sandaran dan dudukan terbuat dari terpal/kain untuk berwisata
7
Bellboy /Bellbop/Porter/Bellman/Service Clerk
Petugas Front Office suatu hotel yang tugas utamanya membantu tamu untuk layanan barang
8
Bellboy Control Sheet
Formulir yang digunakan oleh Bell Captain untuk mencatat semua Bellboy Errand Card yang telah diisi oleh bellboy
9
Bellboy Errand Card
Formulir atau kartu yang digunakan oleh bellboy untuk mencatat barang-barang yang yang ditanganinya
10
Bellcaptain Counter/Bellstand
Counter atau tempat bellcaptain bekerja. Counter ini biasanya terletak ditempat yang mudah dilihat oleh tamu yang sedang berada didekat reception counter supaya tamu mudah untuk meminta bantuan
11
Bellcaptain/Hall Porter
Pengawas seksi Pelayanan barang. Dia bertanggung jawab langsung kepada concierge dan bertugas mengawasi serta mengkoordinasikan kegiatan bawahannya seperti bellboy,doorman,pageboy.
12
Bellstand Supplies
Barang/alat/bahan yang digunakan oleh seksi pelayanan barang untuk mendukung proses kerja, misalnya kertas untuk pengepakan, lem stiker, brosur, peta, dan sebagaiya.
13
Briefcase
Koper untuk membawa surat-surat, dokumen, dan uang. Koper ini biasanya dibawa oleh pengusaha.
14
Cash
Penyelesaian rekenig tamu yang dibayar langsung dengan uang tunai, baik dalam bentuk mata uang lokal maupun asing.
15
Charge
Penylesaian rekening tamu yang hanya dengan menandatanganinya. Rekening tersebut  akan dibebankan kepada orang atau perusahaan yang menanggung biaya selama tamu menginap di hotel tersebut sesuai dengan perjanjian yang tertulis pada voucher.
16
Check in
Tamu mengisi kartu registrasi dan menandatanganinya sebagai bukti bahwa dia resmi mulai menginap di hotel.
17
Check out
Status kamar yang berarti bahwa tamu telah keluar dari kamar dan meninggalkan hotel serta telah membayar rekening kamarnya.
18
Check out time
Batas waktu terakhir tamu menginap di hotel. Batas waktu tersebut pada umumnya bekisar antara  pukul 12.00 sampai 14.00. Hal ini tergantung pada kebijaksanaan hotel yang besangkutan.
19
Concierge
Pimpinan tertinggi di seksi pelayanan barang yang bertanggung jawab atas kelancaran operasional seksi pelayanan barang.
20
Complaint
Keluhan. Ini merupakan suatu ungkapan ketidakpuasan. Di hotel, yang menjadi sumber ketidakpuasan tamu adalah produk, pelayanan, dan petugas yang melayani.
21
Cosmetic Case/ Beauty case/ Vanity case
Koper atau tas untuk membawa alat-alat kosmetika seperti sisir, lipstik, cermin, dan sebagainya.
22
Courier
Petugas seksi pelayanan barang yang mengantar surat ke dan mengambil surat dari kantor pos.
23
Departur Date
Tanggal keberangkatan tamu.
24
Doorman
Petugas yang memberikan pelayanan membuka dan menutup pintu mobil di main entrance, membantu tamu turun dari dan naik ke mobi, mengatur parkir mobil, dan menjaga kebersihan halaman depan main entrance hotel.
25
Elevator Operator/Liftman/Lift Attendant
Petugas lift yang bertanggungjawab mengoperasikan lift hotel untuk tamu yang ingin meggunakan lift dari satu lantai ke lantai yang lain
26
Enquiry Clerk
Petugas seksi pelayanan barang yang memberikan informasi  didalam dan di luar hotel kepada tamu dan menangani surat masuk dan keluar
27
Errand Control Sheet
Formulir bellcaptain untuk mencatat kegiatan semua bawahan seperti bellboy,doorman
28
Fragile Items
Barang-arang tamu yang mudah rusak/pecah
29
Guest Card
Kartu Tamu yang berisi informsi penting tamu, misal nama, Tanggal kedatangan, tanggal keberangkatan. Kartu ini juga berfungsi sebagai bukti bahwa tamu tersebut memang menginap di hotel tersebut.
30
Hat Box
Koper/ tas untuk membawa topi
31
Keep Dry
Barang- barang tamu yang tidak boleh basah

Key Okey
Kunci kamar sudah diserakan oleh tamu kepada resepsionis atau petugas informasi
32
Log book
Buku komunikasi yang dipergunakan oleh staff di bag FO untuk mencatat berbagai kejadian yang perlu ditindaklanjuti serta keterangan status kasus sudah selesai atau belum
33
Luggage Room Book
Buku untuk mencatat Baggage Claim Check yang diserahkan oleh tamu kepada seksi pelayanan barang. Artinya barang yang sudah dititipkan sudah diambil oleh tamu
34
Luggage Sticker
Stiker yang ditempelkan pada barang tamu, biasanya ditempelkan pada barang tamu ketika tamu check out untuk sarana promosi hotel
35
Messenger
Petugas yang bertanggung jawab menyampaikan pesan, baik untuk tamu dikamar maupun utuk staff  hotel
36
Pageboy
Karyawan seksi pelayanan barang yang tugasnya memanggil tamu-tamu yang berada di area umum hotel ketika ada pesan atau orang yang ingin bertemu dengan mereka
37
Pilot Case
Kopor atau tas yang digunakan oleh Airline Crew untuk membawa pakaian dinas
38
Room Change
Perpindahan kamar
39
Room Change Notice
Formulir untuk memproses perpindahan kamar
40
TIPS(To Insure Prompt Service)
Manifestasi rasa puas yang disampaikan oleh tamu kepada karyawan hotel
40
This Way Up
Tanda yang artinya tidak boleh meletakkan barang pada posisi terbalik

1 komentar:

  1. tolong kalo ada yang mo menambahkan atau meralat silakan diposkan... terimakasih ;)

    BalasHapus